Tuesday, September 28, 2010

Day #22 - Hindi Movie

Lagi lagi soal Film. Maklumlah, saya memang suka sekali sama dunia film, jadinya sebagian besar topik dalam proyek 30 Hari menulis ini pasti soal Film dan beberapa hal lainnya yang jadi hobi saya. Dan Kali ini, saya mau berbagi kesukaan saya soal Film dari negeri India.

Begitu mendengar kalimat Film India, pasti yang terbesit pertama adalah film dengan durasi 3 Jam, yang penuh dengan nyanyi dan tarian. Mereka yang sudah antipati terhadap film India, karena dianggap nggak keren, pasti udah males mengikuti film ini, padahal ceritanya bagus. Memang seh, terkadang dalam sebuah film, cerita bagus tidak akan terlihat jika tidak ditunjang dengan kemasan yang mengundang. Entah artis nya yang terkenal atau pengemasan film nya itu sendiri. Sayang loh kalo kita sudah menilai tanpa melihat terlebih dahulu.

Salah satu film India Favorit saya sepanjang masa, adalah Kabhie Kushie Kabhie Gam. Cerita mengenai cinta dalam keluarga yang berkembang. Cinta Orang tua terhadap anak, Cinta Mertua terhadap menantu, adik terhadap kakak, bahkan tentang pengasuh dengan majikannya. Film berdurasi 3 jam ini memang dipenuhi juga oleh tarian dan nyanyian, yang lebay nya juga ada. Tapi ya ini hiburannya, karena film nya sendiri menguras air mata. Kalo nggak ada jeda adegan2 konyol masa mau mewek2an 3 jam. Ada 1 kalimat yang saya inget betul dari film itu "Kemarahan orang tua adalah bentuk kasih sayang, jadi jangan diambil hati tapi untuk dipelajari".

Film lainnya, yang akhir2 ini ramai dibicarakan sebagai salah satu film India terbaik. 3 Idiots. Film ini berceritakan tentang dunia pendidikan yang dianggap kaku, dan membuat ilmu fisika menjadi lebih menyenangkan untuk dipelajari. bahkan banyaj yang bilang bahwa "There's nothing idiot about 3 idiot". Meski ada aspek2 standard film India, film ini sudah dikenal sebagai film yang kuat dalam penyajian cerita nya. Membuktikan bahwa produksi 300 film setahun di India sudah mengalami perkembangan, bukan hanya memproduksi film tapi juga menjual cerita bagus. Indonesia juga bisa loh!!

Film India memang terkesan norak karena lagu2 dan tarian yang ada dalam film tersebut, namun jika kita fokus terhadap ceritanya, akan terasa kok kalo mereka memiliki cerita cerita bagus dan beragam untuk bisa menjadi tema sebuah film.

Ah, saya baru sadar ketika saya menulis ini. saya mengambil contoh 2 film India favorit saya, yang di dalamnya ada artis wanita yang saya nggak begitu suka. Kareena Kapoor. Tapi mau gak suka juga, dia termasuk artis wanita yang diperhitungkan dan berakting luar biasa.

No comments:

Post a Comment